Share
AHLAN WASYAHLAN FII' | "SUBCECI BLOG" | SALAM BUAT PENGUNJUNG YANG MENYEMPATKAN WAKTUNYA MAMPIR DISINI | IMAM SENDIRI TAHAP BELAJAR,BILA ADA KEKURANGAN MOHON SARAN DAN KOMMENNYA | AKHIR KATA,SENANG BERJUMPA DAN BERBAGI DENGAN ANDA | WASSALAM.

Sabtu, 18 Desember 2010

QOLBU

QOLBU....
Yang paling menakjubkan pada diri manusia adalah hatinya,
padahal ia merupakan sumber hikmah sekaligus lawan kontranya :Jika timbul harapan, maka ia ditundukkan ketamakan, ia akan dibinasakan oleh kekikiran.Jika ia telah dikuasai keputus-asaan, penyesalan akan membunuhnya.Jika ditimpa kemarahan, menjadi keras kepalalah ia.Jika sedang puas, ia alpa menjaganya.Jika dilanda ketakutan, dia disibukkan oleh kehati-hatian.Jika sedang dalam kelapangan (kaya), bangkitlah kesombonganya.Jika mendapatkan harta, kekayaan menjadikannya berbuat sewenang-wenang.Jika kefakiran menimpa, ia tenggelam dalam kesusahan.Jika laparnya menguat, kelemahan menjadikannya tidak mampu berdiri tegak.Dan jika terlampau kenyang, perutnya akan mengganggu kenyamanannya.Sesungguhnya setiap kekurangan akan membahayakan dan setiap hal yang melampaui batas akan merusak dan membinasakan.Ada empat hal yang mematikan hati, yaitu: dosa yang bertumpuk-tumpuk, (mendengarkan) guyunon orang tolol, banyak bersikap kasar dengan kaum perempuan dan duduk bersama orang-orang mati.Mereka bertanya , “Siapakah orang-orang mati itu, wahai Amirul Mu’minin?”Imam ‘Ali, menjawab, “Yaitu setiap hamba yang hidup bergelimang dalam kemewahan.”Ketahuilah! Sesungguhnya diantara bencana ada kefakiran, yang lebih berat daripada kefakiran adalah penyakit badan dan yang lebih berat daripada penyakit badan adalah penyakit hati. Ketahuilah! Sesungguhnya di antara kenikmatan adalah banyak harta, yang lebih utama daripada banyak harta adalah kesehatan badan dan yang yang lebih utama daripada kesehatan badan adalah ketaqwaan hati.Tanyalah hati tentang segala perkara karena sesungguhnya ia adalah saksi yang tidak akan menerima suap. 

Se’baik2 HATI adlh yg paling waspada mnjaganya.Nyalakan hatimu dgn ADAB , bah nyalanya api dgn kayu bakar.Harta simpanan yg paling bemanfaat adlh CINTA ILAHIHATI ada keinginan, kepedulian, dan keengganan.  

Mk, datangilah ia dari arah kesenangan dan kepeduliannya. Sbb jika hati itu dipaksakan, ia akan buta.HATI mengalami kejemuan, sprti jemunya badan. Mk, berikanlah pdnya kata2 hikmah , dzikir dan ayat2 penyejuk hati .Jika engkau ragu dalam hal kecintaan seseorang, maka tanyakanlah hatimu.Semoga Bermanfaat......


Artikel Terkait:




comment:

0 komentar to “QOLBU”

kotak emoticon:
:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 

sahabat

Back to TOP